Translate

Rabu, 01 Mei 2013

MAKALAH SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN “ATRIBUT PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN”


BAB  I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
  Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta dapat memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan  pesaing dimana untuk mencapai tujuan tersebut tidak terlepas dari usaha pemasaran yang harus dipikirkan dan direncanakan sebelum produk. Menyadari hal itu, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan.
         Perusahaan dalam menjalankan usahanya harus selalu memantau perubahan perilaku konsumen sehingga dapat mengantisipasi perubahan perilaku konsumen tersebut untuk memperbaiki strategi pemasarannya, karena pada hakekatnya tujuan dari pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami sifat konsumen dengan baik sehingga produk yang ditawarkan dapat laku terjual dan konsumen loyal terhadap produk yang dihasilkan.
         Konsumen yang potensial akan mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai faktor yang berkaitan dengan produk  sebelum memilih atau mengambil keputusan dan mencari alternatif yang dapat memberi kepuasan tertinggi dalam mengkonsumsi suatu produk. Hal tersebut harus diperhatikan oleh pemasar agar tujuan perusahaan dalam hal memuaskan kebutuhan konsumen dapat tercapai sesuai dengan konsep pemasaran bahwa kepuasan kosumen merupakan syarat bagi kelangsungan hidup perusahaan.
         Menurut Daromi,S dan Sri Hardjanti Santosa  produk dapat dirumuskan sebagai sekumpulan atribut berwujud ataupun tidak, yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestis serta pelayanan yang mungkin diterima oleh pembeli, sebagai suatu yang dapat memuaskan kebutuhannya. Dengan demikian atribut produk sangatlah penting untuk dijadikan dasar oleh konsumen dalam pembelian sebuah produk, sebab untuk melakukan pembelian-pembelian konsumen akan bereaksi terhadap produk dengan segala atribut yang melekat didalamnya.
         Berdasarkan uraian tersebut diatas mendorong kami untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana perilaku konsumen terhadap atribut produk sehingga konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian.

B. Perumusan Masalah.
  1. Apakah atribut produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen ?
  2. Seberapa besar pengaruh atribut produk tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen (dalam hal ini mengambil contoh kasus keputusan pembelian mie instant merek  indofood)?
  3. Dari atribut produk tersebut manakah yang paling signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (dalam hal ini mengambil contoh kasus keputusan pembelian mie instant merek indofood)  ?

C. Tujuan
  1. Mengetahui apakah atribut produk mempunyai pengaruh terhadap perilaku membeli para konsumen ditinjau dari segi teori ?
  2. Mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (dalam hal ini mengambil contoh kasus keputusan pembelian mie instant merek  indofood)
  3. Mengetahui  atribut produk yang paling berpengaruh terhadap perilaku membeli konsumen (dalam hal ini mengambil contoh kasus keputusan pembelian mie instant merek  indofood)?
  4. Menambah referensi penulis.

BAB II
KEPUSTAKAAN
A.    Pengertian Produk
         Kotler, mendefenisikan bahwa “produk adalah suatu sifat yang kompleks dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestasi perusahaan dan pengecer yang diterima oleh pembelian untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan”.
B.     Pengertian Atribut Produk
         Kotler  menyatakan bahwa  “atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat – sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang ditetapkan oleh pembeli”
        Suatu produk harus memiliki atribut yang mendukungnya. Berikut ini adalah atribut yang ada dalam suatu produk, yaitu  :
1.      Harga.
Menurut Kotler harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau jasa, jumlah ini yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat yang dimiliki dengan menggunakan produk atau jasa.
2.      Merek.
Merek adalah semua nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi dari semua yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk dari satu penjual untuk membedakannya dengan produk pesaing.
3.      Kemasan.  
Kemasan adalah pembungkus luar produk yang berfungsi untuk melindungi produk, memudahkan konsumen dalam memakainya, menaikan citra produk atau bahkan sekaligus dapat dijadikan alat promosi ketika produk yang dilemparkan ke pasaran.
4.      Kualitas.
Kualitas merupakan salah satu atribut produk yang paling penting di mata konsumen. Konsumen akan berusaha mencari produk yang paling berkualitas tinggi, karena menyangkut kepuasan konsumen. Oleh karena itu suatu perusahaan harus memperhatikan kualitas produk yang akan diluncurkan kepasaran.
5.      Ukuran.
Ukuran suatu produk mempunyai hubungan yang erat dengan kebiasaan membeli jumlah kebutuhan konsumen. Ini berati kebutuhan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lainnya berbeda – beda, sehingga perlu menyediakan produk dengan berbagai macam ukuran. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat menyesuaikan antara kebutuhannya dengan ukuran produk yang ada.
 
C.     Proses keputusan pembelian.
         Proses keputusan beli konsumen akan dijelaskan dalam gambar berikut. (Philip Kotler)
Proses Keputusan Beli Konsumen
Pengenalan Masalah
 
a.       Pengenalan Masalah.
Proses ini dimulai dengan pembeli mengenali suatu masalah atau kebutuhan pribadi konsumen.
b.      Pencarian Informasi.
Seorang konsumen yang telah dirangsang kebutuhan itu dapat atau tidak dapat mencari informasi. Sumber informasi tersebut antara lain keluarga, iklan, media masa, pengguna produk.
c.       Evaluasi Alternatif.
Hal tersebut berkaitan dengan bobot yang diberikan terhadap produk dengan membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain.
d.      Keputusan Membeli.
Konsumen membentuk suatu niat membeli atas dasar faktor seperti pendapatan, harga, dan manfaat produk yang diharapkan.
e.       Perilaku Sesudah Pembelian.
Setelah membeli produk, konsumen akan mengalami tingkat kepuasan atau   ketidakpuasan.
BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pengaruh    Atribut    Produk    Terhadap    Keputusan   Pembelian Konsumen.
          Philip Kotler dan Gery Armstrong menyatakan dalam tahap evaluasi, konsumen membuat peringkat atas atribut yang dimiliki oleh sebuah produk dan membentuk nilai untuk membeli. Dan biasanya, keputusan pembelian konsumen adalah membeli produk dengan atribut yang paling disukai.
          Didalam suatu membuat keputusan pembelian, konsumen dipengaruhi oleh berbagai rangsangan baik yang berasal dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal.
          Dari hasil definisi diatas berdasarkan maka jelas bahwa atribut suatu produk sangat mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk. Pada dasarnya perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk mengkonsumsi suatu produk tertentu sangat dipengaruhi oleh atribut yang melekat pada produk tersebut, karena tidak mungkin seorang konsumen membeli suatu produktanpa mengetahui atribut atau keunggulan produk tersebut.
         Atribut produk yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan tersebut sangat penting artinya karena berguna untuk menaruh minat akan selera. Disamping itu perlu dilakukan beberapa inovasi – inovasi terhadap atribut produk yang dihasilkan seperti : peningkatan kualitas suatu produk. Hal ini penting dilakukan untuk memperluas pangsa pasar dan agar perusahaan bisa tetap mempertahankan konsumennya.

B.     Seberapa Besar  Pengaruh    Atribut    Produk    Terhadap    Keputusan   Pembelian Konsumen dan atribut yang paling berpengaruh.
          Untuk menjawab permasalahan ini kami mencoba mengambil contoh kasus produk Mie Instant Merek Indofood dengan cara melakukan kegiatan penyebaran quisioner ke beberapa konsumen. Dalam hal ini kami batasi dengan mengambil sampel responden mahasiswa kelas M2.VIII  Fakultas Ekonomi  UNIKAL.
Jumlah responden :   18  Orang
                    
1.      Untuk pertanyaan “Apa yang menyebabkan Anda melakukan pembelian mie instant merek Indofood”  :
                                A.            Atribut yang melekat pada produk tersebut (merek,kemasan,kualitas/rasa,ukuran,harga).
                                 B.            Telah menjadi kebiasaan keluarga.
                                 C.            Karena memang merupakan kebutuhan (keadaan ekonomi).
Adapun hasil qiusioner sebagai berikut :
1.      Ada  11  responden memilih jawaban A.
2.      Ada    4  responden memilih jawaban B.
3.      Ada    3  responden memilih jawaban C.
Dari hasil quisioner diatas dapat disimpulkan bahwa atribut produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (dalam hal ini keputusan pembelian produk mie instant merek indofood)  jika diprosentasekan diperoleh hasil sebesar  61 %.

2.      Selanjutnya untuk mengetahui atribut produk mana yang yang memiliki pengaruh yang paling signifikan diajukan quisioner sebagai berikut:
 Diantara atribut produk  berikut manakah yang menjadi pendorong utama yang menyebabkan anda melakukan pembelian Indomie Merek Indofood”:
                            A.            Mereknya.
                            B.            Kemasannya .
                            C.            Harganya.
                            D.            Kualitasnya ( rasanya ).
                             E.            Ukurannya .
Data hasil quisioner :
1.      Ada 2  responden yang memilih jawaban A.
2.      Tidak ada responden yang memilih jawaban B.
3.      Ada 1 responden yang memilih jawaban C.
4.      Ada 15 responden yang memilih jawaban D.
5.      Tidak ada responden yang memilih jawaban E. 
      Berdasarkan jawaban quisioner diatas, dapat  disimpulkan bahwa diantara kelima atribut produk yang ada, kualitas (rasa) merupakan atribut produk yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (dalam hal ini keputusan pembelian mie instant merek indofood). jika dipersentasekan diperoleh hasil sebesar 83 %.
                  
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan.
1.      Atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
2.      Diantara atribut produk yang ada kualitas (rasa) memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian konsumen. (dalam hal ini keputusan pembelian Mie Instan Merek Indofood.

B.     Saran .
Sebelum melakukan keputusan pembelian sebuah produk hendaknya konsumen terlebih dahulu memperhatikan atribut yang melekat pada produk tersebut, agar konsumen memperoleh manfaat maksimal sesuai dengan harapannya terhadap produk yang dibeli tersebut..

DAFTAR PUSTAKA

Daromi, S, Sri Hardjanti Santosa. ( 1992 ).  Kebijakan  Bauran  Pemasaran. Cetakan
               Ketiga. Yogyakarta. BPFE UII.

Kotler,  Philip    dan    Gary   Amstrong. ( 1986 ). Manajemen Pemasaran Analisa,  Perencanaan dan Pengendalian. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Philip Koter dan Gery Armstrong. Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa          Indonesia. Jakarta : Prehalindo.




























1 komentar: